Metodologi Ilmu Dakwah
Obyek Material
Obyek
material adalah materi yang dikaji
Obyek
material ilmu dakwah adalah ajaran Islam
Sumbernya
adalah:
•
Al-Qur’an
•
Al-Hadits
•
Pendapat Ulama
Dengan
demikian, Ilmu dakwah adalah bagian dari studi Islam (Islamologi)
Obyek Formal
Obyek
formal adalah sudut pandang yang digunakan di dalam mengkaji obyek material
Obyek
formal ilmu dakwah adalah
Cara
penyampaian ajaran islam dari seseorang kepada orang lain atau masyarakat agar
islam mewujud menjadi jalan hidup bagi manusia atau masyarakat sehingga dapat
hidup bahagia dunia dan akhirat
Pendekatan
Pendekatan
adalah ilmu atau teori yang digunakan dalam mengkaji sesuatu
Pendekatan
ilmu dakwah adalah multidisiplin, yang meliputi
•
Ilmu-ilmu keislaman :
Ilmu
Fiqh, Ilmu Tafsir, Ilmu Hadits, Ilmu Akhlak, dan sebagainya
•
Ilmu-ilmu sosial-humaniora
Sosiologi,
Antropologi, Psikologi, Ilmu Politik, dan sebagainya
Metode kajian
Kajian
Teks: untuk mengkaji dakwah yang sebaiknya atau semestinya terjadi menurut
Al-Qur’an, Al-Hadits, maupun pendapat ulama
Kajian
lapangan: untuk mengkaji dakwah yang telah terjadi, sejak masa Nabi Muhammad
hingga yang baru saja terjadi saat ini, sebagai bahan kajian dan evaluasi.
Baik
kajian teks maupun kajian lapangan mengikuti kaidah-kaidah metodologi ilmu-ilmu
lain, sehingga menghasilkan teori-teori untuk dijadikan pelajaran untuk
berdakwah pada masa yang akan datang
Hasil Kajian
Untuk
pengembangan ilmu-ilmu keislaman
Untuk
menjadi bahan belajar bagi para da’i
Untuk
perbaikan dakwah masa mendatang
0 komentar:
Posting Komentar